ADVERTISEMENTS
Lazismu Jember

Calon Ranting Tegalgede Gelar Kajian Perdana Hadirkan Ketua Muhammadiyah Jember

KH Kusno (kiri) sedang menjelaskan 12 Langkah Muhammadiyah melalui viewer di kajian perdana
Calon Ranting Tegalgede - Kecamatan Sumbersari
Calon Ranting Tegalgede yang berada di bawah Cabang Sumbersari Jember mulai bergerak melakukan kegiatan dakwahnya. Hal ini ditandai dengan diadakannya kajian perdana pada Rabu (6/12/2017) lalu di rumah Dr Dwi Cahyono Dosen Universitas Muhammadiyah Jember yang juga ketua Asosiasi Manajemen Indonesia cabang Jember.

Dalam kajian rutin yang rencananya dilaksanakan sebulan sekali ini, dihadirkan Ketua Muhammadiyah Jember KH Kusno, MPdI. Hadir belasan orang warga Muhammadiyah insiator calon ranting Tegalgede. Nampak hadir Ketua Lembaga Pengembangan Cabang & Ranting Heny Siswondo, MPd dan Ketua Cabang Muhammadiyah Sumbersari Rustam Efendi dalam kajian ini.

Dalam kajiannya, KH Kusno mengambil tema mengenai 12 Langkah Muhammadiyah tahun 1938-1940. Setidaknya ada dua poin utama yang dibahas pria asli Lamongan dalam kajiannya, yaitu memperdalam masuknya iman dan memperluas faham agama.

Pada poin memperdalam masuknya iman, dijelaskan bahwa hendaknya iman itu ditablighkan, disiarkan seluas-luasnya, yakni diberi riwayatnya dan dieri dalil buktinya, dipengaruhkan dan digembirakan, sampai iman itu mendarah daging di hati sanubari warga Muhammadiyah semuanya. Poin ini menurut KH Kusno sesuai dengan jalan Majlis Tabligh.

"Setidaknya ada dua jalan untuk memperdalam masuknya iman itu, dengan cara menambah tebalnya iman serta menjaga supaya cahaya iman itu senantiasa cemerlang," tegas KH Kusno.

Selanjutnya, pada poin kedua langkah Muhammadiyah adalah memperluas faham agama. Menurut KH Kusno, faham agama dan bukan agama itu sendiri sesungguhnya dibentangkan dengan arti yang seluas-luasnya, boleh diujikan dan diperbandingkan, sehingga kita warga Muhammadiyah mengerti perluasan agama Islam.

"Poin ini bisa ditafsirkan sebagai salah satu pondasi utama berdirinya Majlis Tarjih di Muhammadiyah," ungkap KH Kusno.

Menukil sebuah hadis riwayat Bukhari dan Muslim dari Anas, yang menyatakan bahwa mudahkanlah dan jangan kamu mempersusahkan serta gembirakanlah dan jangan kamu membikin orang lari.

Menukil hadis tersebut menurut KH Kusno, jelaslah bahwa agama Islam itu ringan, dan keringanan itu disebabkan karena hukum-hukum Islam itu dapat berubah-ubah dengan mengingat keadaan orang serta agama Islam sendiri tidak mengikat faham.

Calon ranting Tegalgede sendiri merupakan pemekaran dari Ranting Muhammadiyah Gumukkerang yang sudah berdiri sebelumnya. Wilayahnya mencakup Kelurahan Tegalgede serta Kelurahan Antirogo Kecamatan Sumbersari Jember. maghfur
jilbab terbaru

Post A Comment

ADVERTISEMENTS
Umroh Ramadhan 2018