ADVERTISEMENTS

Wujudkan Sinergi SMK MULIA Cakru Gelar Seminar Parenting

Wali Murid antusias mendengarkan pemaparan Ustadz Abu Hasan dalam Seminar Parenting
Masjid Ash Sholihin Cakru pada Sabtu (21/10/17) kemarin dipenuhi oleh ratusan Wali Murid dari SMK Muhammadiyah 5 (SMK MULIA) Cakru. Mereka sejak pagi diundang pihak SMK MULIA untuk menghadiri acara Seminar Parenting dengan tema Menciptakan Keluarga dan Generasi Robbani di Era Global.

Hadir dalam acara tersebut 180 wali murid kelas 10-12, dewan guru serta karyawan SMK Muhammadiyah 5 Jember. Tampak pula hadir perwakilan dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Majelis Dikdasmen Cabang Cakru. Acara yang dimulai sejak pukul 08.00 pagi diisi pemateri tunggal Ustadz Abu Hasanudin, S.Pd,. yang lebih dikenal dengan nama Abu Hasan seorang motivator dan trainer muda yang asli kelahiran Desa Cakru.

Didalam materi yang disampaikan oleh Direktur Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Ibnu Katsir Jember ini, ada beberapa poin penting yang perlu dilakukan orangtua dalam mendidik anak di era global. Pertama, menjadikan madrasah keluarga sebagai aktualisasi potensi fitrah sejak usia dini dengan memberikan kesempatan agar semua potensi kejiwaannya berkembang semenjak awal. Kedua, memberikan perhatian dan kesungguhan terhadap pendidikan anak. Ketiga, mensosialisasikan anak untuk mempunyai cita-cita (impian besar) dan sering mengingatnya. Keempat, mendorong anak untuk mempunyai motivasi yang tinggi dan berprestasi, orang tua mampu mengapresiasi prestasi anaknya. Dan kelima, menunjukkan penghormatan dan perlakuan yang ihsan terhadap anak-anak dan perempuan serta menjauhkan diri dari praktik-praktik kekerasan dan penelantaran kehidupan anggota keluarga.

Acara seminar ini diikuti oleh wali murid dengan sangat antusias. Sebagian wali murid menyatakan menginginkan acara tersebut diagendakan secara rutin. Karena selain terjalin silaturahim ada hal lebih yaitu kepedulian orang tua terhadap masa depan anaknya.

Sementara itu Abdurroziq, Kepala SMK Muhammadiyah 5 Cakru menyatakan perasaan lega melihat agenda seminar parenting yang baru pertama kali diadakan ini.

“Harapan saya acara ini bisa menjadi agenda rutin setiap 3 bulan sekali. Sehingga ada kesamaan visi dan misi dalam konsep mendidik anak-anak dan terwujud sinergi yang positif antara orangtua di rumah dengan para guru di sekolah,” ujarnya. saf

Post A Comment

ADVERTISEMENTS