Dr. Zuhdi, M.Fil.I Bahas Tiga Bukti Cinta Manusia Pada Allah SwT


Dr. Muhammad Zuhdi, M.Fil. I anggota Divisi Fatwa & Tarjih MTT PWM Jawa Timur dalam Pengajian Ahad Pagi PDM Kabupaten Jember membahas tema mengenai cinta manusia kepada Allah SwT.

Pria asli Lamongan ini menyitir ayat ke-31 Surat Ali Imran yang artinya “Katakanlah (wahai Muhammad) Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Dr. Zuhdi menjelaskan bahwa menurut Ibn Athaillah as-Sakandari di Kitab Bahjatun Nufus menyatakan bahwa ada 3 bukti untuk menunjukkan cinta manusia kepada Allah SwT.

Pertama, bersedekahlah setiap hari walaupun jumlahnya sedikit. Bahkan, berqurban dalam beberapa pandangan juga bisa dikategorikan sebagai bersedekah.

“Derajatnya itu sunnah muakkaddah yang artinya sangat ditekankan,” jelas Dr. Zuhdi.


Kedua, bacalah al-Qur’an setiap hari meskipun mungkin suatu hari hanya bisa membaca satu ayat. Allah SwT berfirman dalam surat al-Baqarah ayat 121 yang artinya “Orang-orang yang telah Kami berikan Al Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya. Dan barangsiapa yang ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang yang rugi.
Ketiga, sholatlah Tahajud setiap hari walaupun suatu ketika sempatnya hanya 2 rakaat. Untuk memudahkan agar kita bisa bangun malam, Dr. Zuhdi mengatakan bahwa ad 2 hal yang bisa dilakukan untuk membantu, yaitu berwudhulah sebelum tidur, kemudian membaca do’a mau tidur dan ayat al-Qur’an yang dianjurkan untuk dibaca diantaranya 2 ayat terakhir surat al-Baqarah, ayat kursi atau an-Naas, al-Falaq dan al-Ikhlas.

Pengajian Ahad Pagi di halaman Gedung Dakwah PDM Jember ini dihadiri oleh Ketua PDM Kabupaten Jember, KH. Kusno, MPdI, Wakil Ketua PDM Dr. Aminullah elhadiy dan Drs. H. Ali Fauzi. Hadir pula ratusan warga Muhammadiyah dari seluruh cabang di Jember. ● maghfur

Post A Comment