SMAMGA Tanamkan Cinta NKRI Lewat Fortasi

Heny Siswondo, MPd Kepala SMA Muhammadiyah 3 Jember saat mengisi materi FORTASI
Kalau banyak lembaga pendidikan dan instansi yang sedang getol bikin tema cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila, maka SMA Muhammadiyah 3 Jember (SMAMGA) sudah melakukan itu sejak 3 tahun bahkan tahun-tahun sebelumnya.

Lewat ajang Forum Ta’aruf Siswa (FORTASI) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMAMGA yang digelar sejak Senin-Sabtu (17-22/7/2017) tak hanya mengenal lingkungan sekolah bagi siswa baru, tapi juga menanamkan kedisiplinan, cintanah tanah air dan Pancasila.

Selama 3 hari pertama Fortasi diadakan di lingkungan sekolah SMAMGA. Dalam kegiatan selama berada di lingkungan SMAMGA, siswa baru dikenalkan dengan apa itu SMAMGA, apa itu Muhammadiyah, apa itu IPM.

“Fortasi di lingkungan sekolah berupaya untuk memperkenalkan lingkungan sekolah dengan baik, agar siswa paham denganvisi dan misi sekolah,” ungkap Kepala SMAMGA Heny Siswondo, MPd.

Selain itu, menurut Kepsek SMAMGA dengan wawasan wiyata mandala yang nanti dimiliki siswa baru, maka mereka akan enjoy untuk bersekolah dengan dibimbing oleh guru yang sabar serta profesional.


Selain pengenal lingkungan sekolah juga ad pengenalan program ektrakurikuler yang ada di lingkungan SMAMGA, seperti Tapak Suci, Sepakbola, Teater, Musik, KIR, dan Remas.

Pada hari keempat, siswa baru SMAMGA peserta FORTASI akan dididik selama 3 hari di SECABA Sukorejo dengan instruktur militer Angkatan Darat. Kegiatan yang masuk di dalamnya adalah pelajaran baris berbaris, kdisplinan serta bela negara. Kegiatan outdoor  ini merupakan keunikan dari penyelenggaraan FORTASI di SMAMGA yang sudah 3 tahun berturut-turut dilaksanakan.

Tercatat 340 siswa baru yang diterima SMAMGA pada tahun 2017 ini mengikuti dengan antusias acara FORTASI. ● maghfur

Post A Comment