Euforia 56 Tahun IPM


Milad Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) yang diperingati setiap tanggal 18 Juli, tahun ini dirayakan Pimpinan Daerah (PD) IPM Jember bersama siswa baru SMA Muhammadiyah 3 Jember. Euforia milad tahun ini tidak hanya ramai di dunia nyata, tetapi juga di dunia maya. Sampai hari ini, tagar #MiladIPM56 sudah digunakan oleh 2000 lebih pengguna instagram.

Milad tidak hanya sebagai ajang hura- hura atau kesyukuran karena masih bisa sampai pada hari ini (hari lahir). Perlu selalu ada refleksi dan koreksi pada tubuh baik luar maupun dalam. Melakukan refleksi tidak bisa dilakukan oleh diri sendiri, kan?

Mari melihat IPM, organisasi pelajar yang sudah pernah menang sebagai organisasi kepemudaan terbaik se-ASEAN, sebagai orang awam. Orang-orang di luar lingkaran IPM. Seperti apa IPM menurut mereka.

Seorang narasumber sempat berbincang dengan saya, bahwa gerakan IPM terlalu cenderung hanya untuk pelajar-pelajar yang ada di perguruan Muhammadiyah. Padahal, program IPM selalu getol untuk mempromosikan diri agar memiliki massa yang banyak. Walaupun massa kita adalah Pelajar Muhammadiyah, yang jumlahnya tentu tidak sedikit, IPM juga perlu melebarkan sayap untuk merangkul teman-teman yang tidak di sekolah Muhammadiyah untuk ber-IPM. Masih sangat sedikit orang di luar warga Muhammadiyah yang tahu apa itu IPM. Hal ini terbukti kegiatan yang diselenggarakan oleh IPM kebanyakan untuk teman-teman di Sekolah Amal Usaha Muhammadiyah.

Dari sumber di atas, kita tahu bahwa IPM kuat di dalam namun, tidak mau menunjukkan kekuatannya selain pada orang-orang dalam satu ring. Mungkin IPM terlalu rendah hati, ga baper-an dan ingin waktu yang menjawab eaaaaaa.

Di usianya yang sudah berkepala lima, tentu IPM sudah tidak bisa dikatakan sebagai organisasi ecek-ecek, organisasi muda. IPM sudah cukup tua untuk bisa bertahan sampai hari ini. Semakin tua IPM, semakin kuat dan semakin muda. Mengapa begitu? Karena IPM selalu diisi oleh orang-orang muda kreatif dan inovatif untuk menjadi anak panah Muhammadiyah.

Nuun wal-qalami wa maa yasthuruun
Selamat milad, selamat berjaya!

nis

Post A Comment