Ketua Majelis Tabligh PWM Jawa Timur Jelaskan 4 Pesan Nabi ke Umat Islam

Ketua Majelis Tabligh PWM Jatim M. Sholihin, M.PSDM (tengah) didampingi Wakil Ketua PDM Jember,
Drs. Ali Fauzi (kiri) dan Dr. Aminullah el Hadiy, MA (kanan) sesaat setelah PAP

Dalam Pengajian Ahad Pagi (PAP) PDM Kabupaten Jember pada Ahad (9/4/2017) kemarin, Muhammad Sholihin, SAg, M.PSDM membahas sebuah hadits Nabi riwayat at-Tirmidzi. Ketua Majelis Tabligh PWM Jawa Timur ini mengatakan, ada 4 pesan Nabi yang disampaikan lewat hadits tersebut dan para sahabat  merasa isinya mengena, membuat air mata berlinang dan hati pun bergetar.

Pertama, mewasiatkan kepada sahabat-sahabatnya untuk bertakwa kepada Allah. Taqwa kepada Allah SwT wujudnya bisa dilihat di al-Qur’an Surat Ali Imran [3] ayat 133-135 tambah pria asal Lamongan ini.

“Diantara bentuk ketakwaan itu adalah bersegera memohon ampunan kepada Allah, menafkahkan hartanya, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya, memaafkan kesalahan orang dan orang-orang yang berbuat kebajikan,” terangnya.

Kedua, berpegang dengan sunahku dan sunah para khalifah yang lurus dan terbimbing.

Ketiga, hendaklah saling mendengarkan dan saling menasehati sesama Muslim. Terutama menurut Sholihin mendengarkan dan menasehati keluarga kita. Era saat ini dimana semua bisa di akses dengan mudah tanpa filter bisa berujung pada bobroknya moral. Peran kita warga Muhammadiyah minimal menjaga keluarganya dari dampak buruk keadaan saat ini.

Dan pesan keempat Nabi adalah berhati-hatilah kita semua dari perkara yang diada-adakan atau bid’ah, karena  sesungguhnya bid’ah itu adalah kesesatan.



PAP kali ini dihadiri oleh Ketua PDM Kabupaten Jember KH. Kusno, MPdI yang dalam sambutannya menyemangati segenap warga Muhammadiyah yang hadir agar bisa istiqomah dalam jalan kebenaran.  Diantaranya dengan kerelaan dan keikhlasan untuk ber-Tuhan hanya kepada Allah SwT serta menjalankan sunnah Rasulullah. Juga senang dan bahagia berjuang di dalam Persyarikatan Muhammadiyah dan memperdalam ilmu agamanya salah satunya lewat PAP ini.

Dalam PAP yang diakhiri tepat pukul 8 pagi ini terkumpul infaq dari jamaah sebesar 1,2 juta rupiah. ● maghfur