KESEIMBANGAN USAHA


Di era yang sudah semakin maju ini, banyak dari kita yang yang memaknai usaha hanya sebagai upaya yang hanya dilakukan secara lahiriyah, Sehingga ketika terjadi keberhasilan kita hanya bangga berlebih terhadap diri kita sendiri tanpa ada rasa syukur kepada Allah Tuhan yang Maha Esa.

Pentingnya membangun budaya ikhtiar  yang dibarengi doa sebagai upaya seimbang antara kepuasan lahir dan batin, iklim akademik dan spirulitual perlu kiranya dibangun dalam lingkungan sekolah. Selain itu terpisahnya ikhtiar dengan doa akan berakibat depresi yang luar biasa jika manusia mengalami kegagalan.

Sebagai seorang muslim dan sebagai kader persyarikatan kami sadar, bahwa apa yang terjadi dan kami alami semua adalah atas kehendak Allah Tuhan yang Maha Esa. Sehingga hari Kamis (30/3/2017) kemarin, kami segenap jajaran guru SMK MULIA mengadakan shalat tahajjud berjamaah. Ini adalah bentuk upaya kami untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah dan melakukan kepasrahan terhadap upaya yang telah kami lakukan.

Tahajjud memang bukan ibadah yang ringan bagi kalangan muda, sehingga kami awali dengan cara berjamaah karena dengan berjamaah sesuatu yang berat akan menjadi ringan. Mempersiapkan generasi penerus yang handal tidak hanya cukup berbekal kemampuan intelektual dan kreatifitas semata akan tetapi mental spiritual juga tak boleh ditinggalkan, karena kekuatan aqidah dan iman akan mampu menjadi spirit yang tak tertandingi.

Kegiatan tahajjud berjamaah yang kedua akan segera dilaksanakan pada tanggal 6 april 2017 mendatang bersamaan dengan agenda Darul Arqom khusus guru SMK Mulia. Kegiatan ini digelar bertujuan ingin menyamakan Visi dan misi dakwah Islam melalui amal usaha Muhammayah yang selama ini sudah dimengerti maupun belum difahami oleh personal SMK Muhammadiyah 5 Cakru, Jember.

Insya Allah, shalat tahajjud berjamaah ini akan menjadi agenda rutin bagi SMK Muhammadiyah 5. Melalui kegiatan ini kami berharap hati kami akan tetap lurus pada tujuan perjuangan kami, tidak berbalik niat walau kami telah besar nanti, Amin. ●

Abdurroziq

(Kepala SMK Muhammadiyah 5 Cakru)