Siswa Muhammadiyah Cakru Gelar Talkshow Anti Narkoba


Ahad, 16 April 2017, bertempat di gedung serbaguna Muhammadiyah Cabang Cakru telah diselenggarakan Talk Show yang bertema "Gapailah Masa Depan Gemilang Tanpa Narkoba". Dipelopori oleh siswa SMK Muhammadiyah 5 Cakru dan siswa SMP Muhammadiyah 8 Cakru yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Muhammadiyah Cabang Cakru(IPM).


Acara tersebut menjadi sangat istimewa karena hampir seluruh undangan dan pemateri mengapresiasi  kegiatan ini. Diantara undangan yang hadir adalah kepala desa Cakru bapak Bambang Iswoto, SP., kemudian jajaran Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cakru, kepala sekolah AUM se-Cabang Cakru. Selain itu dihadiri pula para pelajar dari berbagai sekolah menengah di Kecamatan Kencong Kabupaten Jember.


Sebagai pemateri utama acara Talk Show adalah bapak Na'i Kabid Binmas Polsek Jombang serta dua pemateri lainnya yaitu dari Pimpinan Daerah IPM kab Jember dan PW IPM Jawa timur. Pemateri pertama bapak Na'i menyampaikan banyak hal tentang jenis dan bahaya dampak narkoba terutama bagi pelajar dan pemuda, “Diibaratkan pelajar/pemuda adalah matahari, sedangkan narkoba adalah mendung maka jika remaja menggunakan Narkoba maka hidup akan gelap dan suram.” jelasnya.


Dilanjutkan acara tanya jawab tentang dampak bagaimana menanggulangi penyebaran dan penggunaan Narkoba di lingkungan pelajar, sekolah serta lingkungan tempat tinggal yang dipandu oleh Ananda Hani Olivia Febriana siswa XI TKJ SMK Mulia Cakru. Acara ini menjadi terlihat hidup karena setiap ranting menyampaikan pemaparan bagaimana mereka melihat teman-teman mereka yang menggunakan Narkoba dan bagaimana mereka mencoba mencari cara menanggulanginya menurut mereka sendiri.


Saat acara PD dan PW IPM juga memberikan banyak materi atau masukan bagaimana gaya hidup pelajar yang rentan dengan Narkoba. Menurut M. Sobri Ketua IPM Daerah Jember mengatakan “Bagaimana anggota IPM menempatkan diri atau memposisikan diri yang intinya adalah anggota IPM harus punya peran aktif dan nyata dalam penanggulangan masalah Narkoba karena itu menjadi harga mati untuk menyelamatkan kader Muhammadiyah utamanya dan Bangsa Indonesia secara Umum.”


Dalam jeda akhir acara Muslim Andrias, S.IP salah seorang pendidik di SMK Mulia Cakru  juga memberi support kepada para peserta “Tetap semangat dan rendah hati, dunia menanti kematangan kalian sebagai kader penerus Muhammadiyah dan bangsa, karena kami berharap kalian bisa merubah bangsa ini menjadi bangsa dan negara yang berkemajuan.” pungkasnya.


Nun wal qolami wama yasthurun. Fastabiqul Khoirot  ● rizal

Post A Comment

ADVERTISEMENTS