Tingkatkan Daya Kritis dan Intelektualitas Kader, IMM Jatim Adakan Journalist Day

pelatihan-journalist-day-imm
Peserta Journalist Day PC IMM seluruh Jawa Timur di Gedung PWM Jatim
Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Jawa Timur pada Ahad (5/3/2017) kemarin mengadakan acara Journalist Day dalam rangka meningkatkan daya intelektual dan kritis kader IMM Jawa Timur. Kegiatan ini mengambil tempat di gedung PWM Jawa Timur Jalan Kertomenangal Surabaya.

Acara yang dimulai sejak pukul 08.00 pagi ini diikuti oleh Pimpinan Cabang (PC) IMM seluruh Jawa Timur dengan mengambil tema : “Membangun Media yang Sehat dan SDM berkompetensi tinggi untuk Jawa Timur Berkemajuan”.

PC IMM Jember sendiri mengutus seorang kadernya IMMawan Mujib Ridwan dari Komisariat Thariq Bin Ziyad Universitas Muhammadiyah Jember untuk menghadiri acara tersebut.

Acara Journalist Day yang dibuka oleh Ketua Bidang Medkom DPP IMM, Din Salahuddin ini dimulai sejak pukul 09 pagi dan menghadirkan 5 pemateri yang berpengalaman di bidang jurnalistik dan media. Pemateri tersebut diantaranya Mustofa W. Hasyim, anggota dewan redaksi Majalah Suara Muhammadiyah, Fauziah Mona Atalina dari muhammadiyah.or.id website resmi PP Muhammadiyah, dari Jawa Pos hadir M. Ilham yang juga anggota Fokal IMM Jatim, Din Salahudin, Ketua Bidang Medkom DPP IMM, serta Aan Hariyanto mewakili website PWM Jawa Timur pwmu.co.

Kelima pemateri tersebut menyampaikan materi berkualitas diantaranya mengenai etika jurnalistik, materi Muhammadiyah dan Media Massa, Propaganda Media Massa, cara Menulis Berita serta materi tentang jurnalis modern. Bahkan, redaktur Jawa Pos M. Ilham selain memberikan materi mengenai penulisan berita juga bercerita mengenai kriteria dari media massa yang dipengaruhi golongan-golongan tertentu, sehingga bahasa dan terbitannya begitu pro dan kontra saat dibaca.

Sementara itu, IMMawan Ubay ketua bidang Kominfo DPD IMM Jatim dalam pernyataannya mengatakan kegiatan Journalist Day ini adalah wujud kebijakan DPD IMM Jatim  untuk memberikan ruang bagi kader IMM Jawa Timurr menyalurkan aspirasi dengan difasilitasi oleh bidang Kominfo di tiap PC IMM, sehingga akses kebenaran tentang suatu berita dapat kita ketahui. Meskipun sayangnya menurut Ubay, itu sangat sulit karena budaya membaca kader IMM terhadap keseluruhan berita yang ada itu masih minim. Menurutnya seringkali berita hanya dibaca judul dan kepala beritanya saja, padahal tema yang ada disebuah berita belum tentu sesuai dengan isi yang dituliskan.

Acara yang berakhir ba’da Ashar ini memberikan pengalaman tersendiri bagi IMMawan Mujib yang ditugaskan oleh PC IMM Jember. “Kegiatan ini menambah ilmu pengetahuan baru mengenai berita dan media massa bagi saya,” ujarnya kepada redaksi jembermu.com. Mujib berharap ke depan DPD IMM bahkan PC IMM Jember bisa memiliki media sendiri yang nantinya bisa menjadi rujukan serta bisa bersaing dengan media yang sudah ada.

Foto & laporan : jib