SMK MULIA Jember Belajar 3 Hal Penting Lawatan Ke Malang

Kepala SMK Mutu Gondanglegi Pahri, SAg, MM (kiri) menerima kenangan
dari Kepala SMK Mulia Cakru-Jember Abdurroziq, M.PdI (tengah)
Pada Sabtu, (11/3/2017) rombongan dari SMK Muhammadiyah 5 (MULIA) Cakru - Jember mengadakan lawatan ke SMK Muhammadiyah 7 (MUTU) Gondanglegi Malang. Kunjungan ini dalam rangka untuk men-charging kembali semangat membesarkan amal usaha SMK MULIA Jember. Charging ini langsung diberikan oleh sang kepala sekolah SMK MUTU Ustadz Pahri, S.Ag, MM dan seketika membangkitkan semangat punggawa SMK MULIA yang hadir untuk menambah kecepatan berlarinya. Dalam lawatan tersebut SMK MULIA menmbawa 6 orang personil guru diantaranya  Abdurroziq, M.PdI (Kepala Sekolah), Safrizal M. Arifin, S.Pd.I (Waka Kurikulum), Ahmad Fathudin, M.Si (Waka Humas), Muslim Andrias, S.IP (Waka Kesiswaaan), Tovan Eko Cahyono, S.Pd (Guru) dan M. Fahrur Rossi (Guru). SMK MULIA ternyata tidak sendiri dalam lawatan tersebut, akan tetapi bersamaan pula dengan SMK Muhammadiyah 9 Wager dan Universitas Muhammadiyah Malang. Memang SMK MUTU dikenal selalu ramai dengan tamu-tamu yang tak kenal lelah untuk menimba ilmu.

Ketika orang yang datang ke area SMK MUTU melihat kemegahan Titanium Building, kebanyakan pasti berfikir banyaknya biaya yang dikeluarkan, padahal ada faktor yang lebih besar dan mendasar yang melebihi itu semua yaitu semangat dan keikhlasan ungkap Ustadz Pahri yang diangkat menjadi kepala pada 2008 ini. Walau dalam kondisi sakit beliau.

Dalam kesempatan tersebut Ustadz Pahri, S.Ag, MM meski dalam keadaan sakit tetap banyak memberikan “ular-ular”  yang sangat berarti serta tetap penuh semangat memberikan wejangan jurus ampuh membesarkan sekolah. Menurut beliau ada beberapa hal yang harus dilakukan agar perubahan di sekolah bisa terjadi, pertama adalah semangat. “Kita bisa meniru program siapapun dan program apapun tapi kalau semangatnya tidak sama maka hasilnya akan berbeda,” tegas pria asal Bangkalan ini.

Hal kedua adalah fasilitas dan pelayanan, sekolah harus mampu memberikan fasilitas dan pelayanan terbaik jangan sampai siswa kecewa, fasilitas tidak hanya gedung yang bagus tapi pengelolaan dan perawatan yang maksimal terhadap apa yang dimiliki adalah keniscayaan yang harus dilakukan.

Hal ketiga, pendidik dan tenaga kependidikan perlu diperhatikan. Ustadz Pahri menegaskan bahwa siswa juara hanya lahir dari guru bermental juara pula. Guru yang punya mental juara akan senantiasa ikhlas nendidik siswa, disiplin dalam tugas serta komitmen dalam tanggung jawab.

Dalam lawatan sehari tersebut juga diadakan MoU antara SMK MUTU Gondanglegi dengan SMK MULIA Cakru Jember berupa "Kontrak kerja sama dalam pengembangan mutu pendidikan"

Seperti diketahui SMK MUTU merupakan sekolah kejuruan yang selalu ramai dengan pengunjung dan semua yang berkunjung kesana akan mendapatkan pelayanan yang maksimal, serta pastinya banyak budget yang dikeluarkan untuk menyambut para tamu. Akan tetapi ini adalah konsekuensi dari sekolah besar dan SMK MUTU adalah sekolah yang mempunyai prinsip "khoirul madrasah anfauhum lil madrasah".

foto & laporan : saf

Post A Comment

ADVERTISEMENTS