Silaturahmi Pengelola Media Muhammadiyah Bentuk Koordinator Media Muhammadiyah

Peserta Silaturahmi Pengelola Media Muhammadiyah memadati Aula Lantai 3 Gedung PP Muhammadiyah
Ajang Silaturahmi Pengelola Media Muhammadiyah yang diselenggarakan oleh Majelis Pustaka & Informasi (MPI) PP Muhammadiyah di Gedung PP Muhammadiyah menghasilkan beberapa poin kesimpulan.

Roni Tabroni Wakil Sekretaris MPI PP Muhammadiyah menyampaikan bahwa sudah semestinya ada peningkatan peran dakwah Muhammadiyah di Indonesia melalui media. Menurutnya, ada 3 poin penting ajang silaturahmi ini yaitu: pertama, kualitas media baik yang baru tumbuh maupun yang sudah berjalan, kedua perluya perbaikan kualitas konten dengan memperhatikan kode etik dan fikih jurnalistik, dan ketiga oonvergensi media internal Muhammadiyah dalam hal menaggapi isu nasional dan statement yang dikeluarkan oleh PP Muhammadiyah.

Media Muhammadiyah menurut Roni, harus bisa mengangkat isu nasional sebagai isu bersama semua media Muhammadiyah dan secara rutin diangkat. Tapi juga media Muhammadiyah tidak lupa mengangkat isu lokal yang akan menjadi ciri khas media Muhammadiyah di daerah.

Di akhir acara, dipandu oleh Sekretaris MPI PP Muhammadiyah, Amir Nashiruddin, disepakati bahwa nantinya ajang silaturahmi pengelola media akan rutin diadakan setiap tahun. Selain itu dibentuk pula koordinator untuk masing-masing media, seperti media online, sosial media, media cetak, radio dan juga televisi. Nantinya setiap koordinator akan coba mempertemukan para pegiat medsos, pengelola website, pegiat media cetak dan jaringan radio-televisi di sebuah forum yang dibicarakan nanti.

Seperti diketahui, tak kurang 50 orang pegiat media online, media cetak, sosial-media dan radio serta televisi Muhammadiyah berkumpul dalam ajang silaturahmi yang diadakan sehari penuh di Yogyakarta pada Sabtu (24/3/2017) kemarin. ● mag