Musyda Ke-4 HW Jember Penuh Kesederhanaan di Tanggul

Ketua PDM Jember, KH. Kusno, MPd.I menghadiri Pembukaan Musyda ke-4 Kepanduan HW Jember
Kwartir Daerah Hizbul Wathan (HW) Kabupaten Jember melangsungkan Musyawarah Daerah (Musyda) ke-4 selama 2 hari sejak Sabtu (18/3/2017) hingga Ahad (19/3/2017) di SD Muhammadiyah 1 Tanggul.

Pembukaan Musyda sendiri berlangsung pada Sabtu (18/3/2017) dimulai sejak pukul 20.00 WIB. Tampak hadir dalam acara Pembukaan Musyda HW tersebut Ketua PDM Jember, KH. Kusno, M.PdI, Ketua PD ‘Aisyiyah Jember, Menik Chumaidah, MSi, Wakil Ketua PDM Jember dr. Puput Rijalu dan Joko Purwanto, MH, Ketua Lembaga Informasi & Komunikasi (LIK) PDM Jember, Maghfur El Muhammady serta Ketua PCM Tanggul dan Kepala SD Muhammadiyah 1 Jember. Acara pembukaan Musyda ini juga dihadiri oleh Ketua Kwartir Wilayah HW Jawa Timur Ramanda Mohammad Harun serta beberapa sesepuh HW Kabupaten Jember.

Dalam pidato sambutannya, Ketua Kwarda HW Jember Ramanda Mohammad Arsyad menyampaikan permohonan maaf jika selama periode kepemimpinannya 2011-2016 belum bisa berbuat banyak demi kemajuan HW Jember. Oleh karenanya Ramanda Arsyad berharap pada kepemimpinan yang terpilih selanjutnya seluruh elemen warga Muhammadiyah bisa memberikan dukungan untuk ikut mengawasi dan menggerakkan HW.

Setelah pidato sambutan Ketua Kwarda HW, dilanjutkan oleh Ramanda M. Harun Rasyid yang dalam pidato pembukaannya mengharapkan nantinya pemimpin HW Jember yang terpilih melalui Musyda nantinya merupakan pemimpin yang kober, bener, pinter lan seger. Hal itu merupakan kunci utama agar gerak HW bisa dinamis dalam mencapai program kerjanya. Selain itu Ramanda Harun yang asli Gresik ini menyatakan bahwa Kwarwil HW Jatim memiliki 2 program gerakan yang diharapkan bisa dilaksanakan oleh Kwarda HW Jember, yaitu Gerakan gandeng tangan sesama ormas dan elemen masyarakat lain yang memiliki visi dan misi sama dengan Muhammadiyah. Gerakan kedua adalah gerakan menabung 1000 rupiah setiap hari dalam rangka persiapan Milad Akbar HW 1 Abad pada tahun 2018 nanti di Yogyakarta.

Sementara itu, KH. Kusno, MPdI dalam amanat PDM Jember mengemukakan pentingnya ortom seperti HW dalam rangka percepatan tujuan persyarikatan. PDM Jember memiliki program yang salah satunya adalah mewariskan kaifiyah ber-Muhammadiyah yang baik dan benar pada warga serta ortom. Oleh karenanya, KH. Kuso berharap nantinya HW bisa menjadi ortom mandiri serta mampu membawa kedisiplinan serta ketertiban tidak hanya dalam konsep. Menurutnya, HW memiliki potensi yang sangat besar dan tinggal bagaimana mengemas potensi itu menjadi sebuah kelebihan dalam gerakan.

Acara Musyda yang menampakkan kesederhanaan ini diikuti oleh 42 peserta dan memiliki beberapa agenda diantaranya Sidang Pleno 1, Sidang Komisi, Sidang Pleno 2 serta Sidang Pleno 3 yang didalamnya berisi pemilihan anggota Kwarda HW Jember periode 2016-2021.




foto & laporan :maghfur