Muhammadiyah Jember Ikuti Aksi Bersih-Bersih Pasar Tanjung

Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR bersama elemen MDMC, Pemuda Muhammadiyah dan LazisMU Jember
Muhammadiyah kembali berperan di masyarakat khususnya di Kabupaten Jember. Kali ini MDMC, Pemuda Muhammadiyah, LazisMU serta Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Jember mengikuti kegiatan Bersih-Bersih Pasar Tanjung yang diadakan oleh Pemkab Jember pada Sabtu (11/3/2017) kemarin.

Pasar Tanjung merupakan salah satu pasar rakyat yang terdapat di Kabupaten Jember. Pasar Tanjung yang merupakan ikon Jember dengan tower airnya ini juga satu-satunya pasar rakyat terbesar di Jember yang memang sangat potensial melayani kebutuhan masyarakat perkotaan maupun perdesaan karena letaknya yang strategis, yaitu berada di pusat kota.

Sayangnya keberadaan Pasar Tanjung yang kumuh, kotor dan bau menyebabkan sisi eksotisnya hilang. Berangkat dari hal tersebut Bupati Jember, dr. Faida, MMR bersama 500 orang elemen masyarakat Jember termasuk di dalamnya adalah Muhammadiyah mengadakan acara bersih-bersih Pasar Tanjung yang dimulai sejak pukul 7 pagi hingga pukul 10 siang.

Kehadiran dr. Faida MMR juga sebagai dukungan dalam usaha mengembangkan dan menciptakan pelayanan yang terbaik untuk warga Jember, yaitu dengan adanya rencana mengenai revitalisasi sehingga menciptakan suasana pasar yang nyaman dan bersih untuk melakukan aktifitas perekonomian di dalam pasar Tanjung.

Tampak hadir dalam kegiatan bersih-bersih ini Ketua MDMC Jember, Indra Juniawan, Ketua Majelis Lingkungan Hidup PDM Jember Ir. Andaka Pratama, dan Direktur LazisMU Jember Abdul Khamil, S.Sos, S.Si.

Tidak hanya sebagai ajang bersih-bersih lingkungan, kegiatan ini juga dimanfaatkan oleh Muhammadiyah menjalin komunikasi dan mengenal elemen masyarakat yang hadir pada kegiatan tersebut.

Indra Juniawan menyatakan pada redaksi jembermu.com, “Di sini seluruh relawan, termasuk MDMC, tentunya menjadikan kegiatan ini tidak hanya sebagai kegiatan bersih-bersih Pasar Tanjung saja, tapi juga sebagai ajang saling mengenal dan memperkenalkan diri antar lembaga yang ada di Jember”. MDMC Jember lanjut Indra juga harus sigap dalam hal kebencanaan, salah satunya pra-bencana ini, yaitu dengan ikut mendukung dan kerja nyata dalam mengurangi risiko kebencanaan yang bisa saja timbul kapan saja.

Sementara itu, Bupati Jember dalam sambutannya menyebutkan, sebagai icon Jember, Pasar Tanjung  harus memiliki pelayanan yang nyaman dalam melakukan aktifitas perekonomian sehingga tentunya tidak mungkin lepas dari permasalahan kebersihan dan harus menjadi kesadaran bersama sebagai bentuk dukungan dalam pembangunan di Kabupaten Jember.

Berikut ini foto-foto yang didapatkan redaksi jembermu.com dalam rangkaian acara Bersih-Bersih Pasar Tanjung bersama Bupati Jember.




foto & laporan : fitri