LBHU PDM Jember Adakan Bimbingan Manasik Haji Bagi Warga

bimbingan-manasik-haji-pdm-jember

Lembaga Bimbingan Haji & Umroh (LBHU) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Jember kembali mengadakan acara pelatihan dan bimbingan manasik haji bagi warga Muhammadiyah pada Ahad (12/3/2017) bertempat di Aula Gedung Dakwah Muhammadiyah Jember.


Acara yang dihadiri sekitar 40 warga Muhammadiyah yang akan berangkat haji dan umroh ini dimulai pukul 8.00 pagi ba'da Pengajian Ahad Pagi PDM.


Tampak hadir dalam acara ini Ketua PDM Jember KH. Kusno, MPdI yang datang memberikan sambutan. Hadir pula Drs. Ali Fauzi dan Dr. Aminullah el Hadiy, MA sebagai pemateri. Dan juga hadir jajaran anggota LBHU Bapak Supariyadi, MH, Bapak Sudahri dan Ibu Nurul Qomariyah.


Dalam sambutannya, KH. Kusno memberikan fakta bahwa hingga saat ini memang Muhammadiyah Jember belum bisa untuk memberangkatkan jamaah sendiri. Akan tetapi, beliau tetap memberikan semangat kepada warga Muhammadiyah yang akan naik haji atau umroh untuk menjalin soliditas antar warga Muhammadiyah yang akan berangkat.


"Silahkan saja warga Muhammadiyah yang sudah ikut KBIH diluar Muhammadiyah mengikuti kegiatan rekreatif KBIH semisal ziarah, tapi harus diingat bahwa anda warga Muhammadiyah jangan fanatik terhadap KBIH nya," ujar KH. Kusno.


Muhammadiyah untuk saat ini berupaya untuk menjembatani keinginan warga Muhammadiyah yang ingin beribadah haji dan umroh sesuai tuntunan Nabi Muhammad saw tanpa ibadah-ibadah tambahan yang tidak ada tuntunannya lanjut beliau.
Peserta Bimbingan Manasik Haji LBHU PDM Jember
Dalam bimbingan kali ini pemateri Drs. Ali Fauzi menyampaikan materi tuntunan manasik haji dan Dr. Aminullah el Hadiy menyampaikan materi perjalanan dan catatan ringkas ibadah haji. Kegiatan ini berlangsung hingga tengah hari dan ditutup dengan acara makan bersama.


Acara bimbingan manasik ini merupakan pertemuan pertama dari rencana 5 kali pertemuan. Nantinya akan dilaksanakan rutin setiap bulan sekali selesai acara Pengajian Ahad Pagi PDM Jember.

foto & laporan : maghfur, nurul

Post A Comment

ADVERTISEMENTS