Kwarda HW Jember Gelar Latgab Pandu Pengenal Di Paleran

Upacara Pembukaan Latgab Pandu Pengenal HW di Kompleks Perguruan SMPM Paleran
Pada Senin dan Selasa (27-28/3/2017) kemarin, Kwartir Daerah (Kwarda) Hizbul Wathan (HW) Kabupaten Jember sukses menyelengarakan latihan gabungan pandu pengenal atau disingkat dengan Latgab Pandu Pengenal di Kompleks Perguruan SMP Muhammadiyah Paleran.

Acara Latgab ini diikuti tak kurang 208 peserta yang terdiri dari seluruh kader HW di sekolah SMP Muhammadiyah di Kabupaten Jember. Sekolah itu diantaranya SMPM 1 Jember, SMPM 3 Rambipuji, SMPM 4 Tanggul, SMPM 6 Wuluhan, SMPM 7  Tamansari, SMPM 8 Cakru, SMPM 9 Watukebo, SMPM 10 Semboro, SMPM 11 Dukuh Dempok, SMPM 12 Paleran serta SMPM 15 Ambulu.

Dalam kegiatan ini para peserta diberikan dua materi utama yakni tentang sejarah Hizbul Wathan dan juga teknik survival.  Pada materi sejarah Hizbul Wathan di sampaikan oleh Kwarwil wilayah Hizbul Wathan Ramanda Muhammad Arsyad, sedangkan untuk  materi survival disampaikan oleh tim pandu penuntun dari kafilah Al-Fanani Unmuh Jember.

Pada hari pertama peserta datang pada pukul 08.00 pagi untuk check in dan persiapan. Acara dilanjutkan pukul 15.00 WIB dengan acara pembukaan yang dihadiri oleh kwarcab setempat.  Dengan membentuk barisan angkare  berbentuk huruf U dengan komandan Upacara berada di tengah, Ketua PCM Paleran Ustadz Luqman Haiti dalam sambutannya sekaligus membuka acara latgab mengatakan bahwa PCM Paleran merasa bangga menjadi tuan rumah pelaksanaan Latgab pandu Hizbul Wathan.
Ketua PCM Paleran, Ustadz Luqman Haiti dalam amanat kepada peserta Latgab
“Saya berharap ini menjadi langkah awal yg akan menjadikan Hizbul Wathan berkembang lebih besar dan baik lagi di Paleran,” tegas kakak kandung mantan Kapolri ini.

Selain itu dalam amanatnya, Pandu Pengenal Hizbul Wathan adalah salah satu calon kader strategis yang dipersiapkan sebagai penerus kader dan pemimpin yang sekarang, oleh karena itu kader HW harus giat berlatih sehinggamenjadi kader yang tangguh, cerdas, dan berakhlak mulia.

Seusai upacara, kegiatan latgab dilanjutkan dengan acara Pelajaran Baris-Berbaris (PBB) untuk peserta yang dipimpin oleh Anggota KOKAM Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Jember.

Menurut Ketua Panitia Latgab, Rakanda Sunandar Wijayanto, latihan gabungan kali ini merupakan ajang silaturrahmi dan untuk memperluas wawasan kepanduan Hizbul Wathan yang disesuaikan dengan tingkatannya.

Dalam kegiatan latgab ini Pandu HW tingkat Pengenal diberikan beberapa materi : PBB tongkat berserta variasinya, navigasi darat, dasar-dasar teknik survival, peran & jati diri pandu HW, serta materi-materi pengayaan teknik dan ketampilan praktis pandu.

Sementara, Rakanda Zulmi Aziz Fahruzi selaku Ketua Kwarda HW Jember yang baru terpilih menyampaikan bahwa agenda latgab ini akan diselenggarakan secara rutin sebagai wujud eksistensi HW dalam mempersiapkan kader-kader yang tangguh dan kreatif bagi Persyarikatan, Agama, dan Bangsa, yg dimulai sejak usia belia.

Pada hari kedua, peserta latgab melakukan kegiatan survival dengan melakukan perjalanan panjang melewati pos-pos yang sudah ditetapkan oleh panitia dengan misi membawa syiar dakwah untuk masyarakat sekitar.  Selain itu juga diselenggarakan agenda bakti sosial atas sinergi bersama Lazismu Jember berupa pembagian 88 paket biskuit kepada warga sekitar lokasi latgab. Sukses latgab sukses kwarda! ● ai, arsy

Post A Comment

ADVERTISEMENTS