Ternyata, Perjuangan Kita Belum Seberapa Dibanding Beliau

Dialog Pra Launching Buku Biografi KH Ahmad Zainuri dan KH Abdi Manabi
Tercengang, begitulah ketika beberapa utusan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jember, Banyuwangi dan Lumajang melangsungkan Dialog Pra-Launching Buku Biografi KH. Ahmad Zainuri dan KH. Abdi Manab, Sabtu (25/03/2017).

Ketika sesi presentasi materi sementara hasil dari wawancara dan eksplorasi data kedua tokoh Muhammadiyah Tapal Kuda tersebut, terungkap betapa perjuangan beliau sangatlah luar biasa yang dimulai sejak usia muda.

KH. Ahmad Zainuri yang lebih dikenal dengan sebutan Mbah Zen ternyata mengawali perjuangan dakwahnya sejak usia 15 tahun. Pada usia remaja itu, beliau telah berani berpidato dihadapan tentara Belanda. Dan setahun kemudian, pada usia 16 tahun beliau juga telah berpidato pada kongres pelajar di Puger Jember tentang keberpihakan pendidikan pada pribumi.

Tidak hanya sebagai macan podium, ternyata Mbah Zen juga terlibat aktif dalam berbagai pertempuran melawan belanda. Bahkan pada suatu ketika, beliau bersama pasukannya "terjun" ke sungai Bengawan Solo ketika kondisi terdesak dalam sebuah peperangan melawan Belanda.

"Sebagai generasi muda, banyak sekali pelajaran patriotisme yang diperoleh dari kisah perjuangan dan perjalanan dakwah KH. Ahmad Zainuri dan KH. Abdi Manab ini. Oleh karena itu pastikan mendapatkan bukunya saat dilunncurkan. Anda pasti terinspirasi menjadi lebih semangat," Ujar Ari Sudahri, M.Ikom selaku kordinator tim penulisan buku. ● fhr

Post A Comment

ADVERTISEMENTS