Sarana Terbatas, MDMC Tetap Trengginas Jalin Sinergi

Kegiatan Membangun Huntara MDMC di Panti - Jember
Keterbatasan sarana yang dimiliki Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC) Kabupaten Jember tidak menyurutkan langkah untuk berbuat dan bersinergi dengan pihak lain. Hal ini ditunjukkan oleh MDMC pada Jumat-Ahad (24-26/2/2017) lalu saat menjadi bagian dari persiapan bakti sosial yang dilakukan oleh IMM Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh) di Lapangan Gunung Pasang, Kecamatan Panti.

MDMC dalam kegiatan tersebut mendirikan posko Huntara (Hunian Sementara), yaitu mendirikan tenda pengungsi dan tenda pleton. Kegiatan ini selain sebagai bentuk sinergi dengan IMM Unmuh Jember juga sebagai wadah pelatihan bagi para relawan MDMC dengan memanfaatkan segala peralatan yang ada.


Ketua MDMC Jember, Indra Juniawan menegaskan bahwa kegiatan MDMC tersebut adalah bagian dari pelatihan dalam memanfaatkan segala bentuk teknis terkait kebencanaan, terlepas dari keterbatasan yang ada.

“Kita di sini berlatih juga dalam memanfaatkan segala hal, sekalipun dalam keterbatasan alat, kita harus bisa mengoptimalkan sarana yang kita buat,” ujar pria bertubuh besar ini.

Puluhan relawan MDMC yang hadir pada kegiatan tersebut juga diintruksikan agar memiliki sikap yang cakap, kuat, dan tangkas dalam menangani kebencanan dengan melakukan latihan bersama secara berkelanjutan.

Foto & liputan : fitri