ADVERTISEMENTS

PCM Kaliwates Tuan Rumah Upgrading Keorganisasian Zona 2

Para Peserta Upgrading Keorganisasian Zona 2 di PCM Kaliwates
Lembaga Pengembangan Cabang & Ranting (LPCR) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Jember kembali menggelar Upgrading Keorganisasian bagi Zona 2 di Masjid Nailul Maram kawasan Condro dibawah PCM Kaliwates.

Upgrading ini dihadiri oleh pengurus PCM yang berada di zona 2 yaitu PCM Kaliwates, PCM Mangli, PCM Sumbersari serta PCM Rambipuji. Tampak hadir dari unsur LPCR PDM Jember diantaranya Ir. Habib Ichsan, MP., H. Heni Siswondo, M.Pd, Bapak Aji Nugroho serta Bapak Wahmin. Ketua PDM Jember KH. Kusno, M.PdI juga turut hadir memberikan pidato pengarahan kepada seluruh peserta Upgrading.

Dalam pidato pengarahannya KH. Kusno menyampaikan 4 poin penting kepada para peserta berkaitan pengembangan cabang dan ranting dalam menghadapi kondisi umat sekarang. Empat poin itu menurut KH. Kusno antara lain karakter kepemimpinan akan berpengaruh dalam mewujudkan tujuan persyarikatan, kemudian harus diperhatikan kepemimpinan yang kolektif kolegial dengan dijiwai spirit profetik, mengabdi, memberi serta berbagi. Tak lupa juga kebersamaan dan kekompakan untuk berkomitmen dan istiqomah harus selalu dijaga. Poin terakhir dalam pengarahannya adalah pimpinan cabang dan ranting tidak boleh gamang, ragu serta bimbang dalam menghadapi situasi serta isu kebangsaan seperti radikalisme, narkoba serta komunisme.

Sementara itu, LPCR PDM memberikan 3 materi yang menyokong kemajuan pengembangan cabang serta ranting di masing-masing area. Pada materi pertama, H. Heny Siswondo menjelaskan mengenai kepemimpinan dimana menurut Kepala SMA Muhammadiyah 3 Jember ini, pemimpin harus bisa memberikan contoh yang baik, berperilaku, berkomunikasi serta memberikan keputusan yang bijak. Materi kedua yang disampaikan oleh Ir. Habib Ichsan membahas mengenai pengembangan cabang dan ranting. Dalam mengembangkan cabang & ranting yang excellent maka diperlukan etos kerja yang baik diantaranya berlandaskan syari’ah, berdimensi misi, gerakan berkesinambungan, tujuan yang valid, sistem yang jelas, kepemimpinan yang ikhlas, kader yang berdedikasi dan loyal, komitmen yang sempuran serta visi yang benar/lurus. Sedangkan Bapak Aji Nugroho membicarakan mengenai masalah kesekretariatan.

Laporan : maghfur

Post A Comment

ADVERTISEMENTS