MGMP SMP Muhammadiyah se-Jember Bertemu Persiapkan Ujian Bersama

Ketua FOSKAM SMP Drs. Suryadi, MSi (kiri) serta Ketua PDM Jember, KH. Kusno MPdI dalam Pertemuan MGMP

Pada Sabtu (25/2/2017) kemarin, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMP Muhammadiyah se-Jember mengadakan pertemuan yang membahas persiapan pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah Semester Genap bersama mendatang. Pertemuan yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Jember ini dihadiri oleh 100 orang guru dari berbagai mata pelajaran seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS serta Pendidikan Kewarganegaraan.

Dalam acara ini tampak hadir Ketua PDM Jember KH. Kusno, M.PdI, Ketua Majelis Dikdasmen PDM Jember Dr. Gatot Sugeng, MS, serta Ketua FOSKAM SMP Drs. Suryadi, MSi.

Ketua PDM Jember dalam pidato sambutannya menyatakan agar guru-guru Muhammadiyah itu menjadi guru yang tidak mengeluh kepada siapapun kecuali kepada Allah SwT.

Sementara itu, Dr. Gatot Sugeng, memberikan semangat kepada guru MGMP agar dengan pertemuan rutin ini kedepan bisa membuat bank soal sendiri,  sehingga guru-guru tidak kesulitan mencari bentuk soal untuk meningkatkan mutu anak didik.

Kegiatan kali ini juga mendatangkan dosen dari Universitas Muhammadiyah Jember, Fitrotul Mufaridah, M.Pd sebagai pendamping dalam rangka membahas analisis soal serta kisi-kisi soal yang sudah pernah dibuat.

Target kegiatan ini sendiri menurut Suryadi, adalah para guru dapat menyusun soal untuk Ujian Kenaikan Kelas (UKK) bagi kelas 7 dan 8 secara bersama. Sehingga ke depannya Ujian Akhir Sekolah Semester Genap soal akan sama untuk tingkat SMP Muhammadiyah se-Jember.

Selain itu, Suryadi menyatakan bahwa pertemuan ini nantinya akan menghasilkan sekolah Muhammadiyah yang memiliki ciri khas, serta mampu mengadopsi program unggulan sekolah Muhammadiyah lain yang sudah diakui secara nasional.

Pertemuan kali ini merupakan pertemuan rutin lanjutan setelah bulan sebelumnya diadakan pertemuan sejenis di SMP Muhammadiyah 9 Watukebo.

Foto & laporan : sur, humaiyah