Fakultas Psikologi Unmuh Jember Adakan Sarasehan Budaya Pandhalungan

Narasumber Sarasehan Dari Kiri : Dr. Tanzil Huda, Dr. Aminullah El Hadi, dan Dhian Wahana Putra, M.Pd.I

Bertempat di ruang kelas Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember, selama dua hari Selasa-Rabu (7-8/2/2017) kemarin diadakan Sarasehan Budaya dan Nilai Keislaman “Menguatkan Identitas Membangun Kebijaksanaan”.

Kegiatan sarasehan ini menghadirkan pembicara baik dari internal Unmuh Jember serta dari luar untuk lebih mengenal apa itu pandhalungan.

Acara ini diselenggarakan karena keinginan Fakultas Psikologi Unmuh Jember untuk mewujudkan pusat pengembangan psikologi berbasis budaya pandhalungan berdasarkan nilai-nilai Keislaman.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Psikologi Unmuh Jember, Siti Nur’aini, S.Psi, M.Si mengatakan kegiatan sarasehan ini penting dilaksanakan mengingat pada 3 hal, yaitu pertama kearifan lokal masyarakat pandhalungan sebagai fokus kajian di Unmuh Jember belum banyak dikenal. Kedua, mengembangkan budaya pandhalungan sebagai ikon ekonomi kreatif yang juga menjadi program pemerintah kabupaten Jember. Dan ketiga, budaya pandhalungan dikaitkan dengan nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang jadi dasar catur dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Pada hari pertama sarasehan Selasa (7/2/2017) hadir sebagai pembicara Zainollah Ahmad seorang pegiat sejarah serta penulis buku, Y. Setiyo Hadi dari Sanggar Sejarah Nusantara dan Sosiolog Wahju Dyah Laksmi Sekretaris LP3 Unmuh Jember. Dalam kesempatan ini dibicarakan kajian mendalam mengenai apa sebetulnya budaya pandhalungan itu.

Kemudian pada hari kedua, Rabu (8/2/2017) pembicara yang dihadirkan diantaranya Dr. Aminullah el Hadiy seorang pakar pemikiran Islam, Dr. Tanzil Huda Kepala LP3 Unmuh Jember serta Dhian Wahana Putra, MPd.I dari Lembaga Pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyah Unmuh Jember. Pada hari kedua ini lebih banyak diulas mengenai pengembangan psikologi berbasis budaya pandhalungan dengan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

Acara sarasehan ini berlangsung dari pagi pukul 08.00 hingga berakhir pukul 12.00 siang dengan dihadiri olehdosen-dosen di lingkungan Fakultas Psikologi dan Unmuh Jember. Tampak pula hadir perwakilan Badan Pengurus Harian (BPH) Unmuh Jember H. Kusno, M.Pd.I dan Ketua ‘Aisyiyah Jember Menik Chumaidah, M.Hum.


Foto dan laporan : dhian wahana

Post A Comment

ADVERTISEMENTS