Dr. AgusTaufiqurrahman Bahas Kesehatan Dalam Ibadah di Ahad Pagi

Ahad Pagi Al-Manar di Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Rombongan Studi Banding Panti Asuhan Jember pada Ahad (19/2/2017), mengikuti acara Pengajian Ahad Pagi “Al-Manar” yang dilaksanakan di halaman Masjid Al Manar Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Hadir sebagai pemateri Ahad Pagi tersebut Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dr. H. Agus Taufiqurrahman, M.Kes, Sp. S. Tampak pula hadir jajaran anggota PDM Ponorogo.

Dr. Agus memberikan materi Ahad Pagi mengenai kesehatan dalam beribadah dalam pengajian yang dihadiri oleh lebih dari 1000 warga dan simpatisan Muhammadiyah Ponorogo.

Dalam tausyiyahnya, mantan Ketua PWM Yogyakarta ini mengungkapkan bahwa ada nilai kesehatan dalam setiap ibadah kita. Selain itu, beliau juga menjelaskan bahwa asupan makanan itu harus halalan thoyyiban. Kenapa harus dua hal halal dan thoyyib, menurut dr. Agus bahwa halal menurut syara’ belum tentu thoyyib bagi tubuh kita.

Dr. Agus melanjutkan bahwa kita harus menjadikan makanan sebagai sumber kesehatan jika kita tidak mau dipaksa minum obat. Selain itu,  manusia juga harus bergembira. Menurutnya, kemarahan akan berdampak negatif bila dihubungkan dengan medis.

Rombongan studi banding panti asuhan se-Jember ini merupakan agenda Majelis Pemberdayaan Sosial (MPS) PDM untuk ngangsu kawruh pada Panti Asuhan di Ponorogo yang dianggap sudah maju sehingga bisa dicontoh oleh Panti Asuhan di Jember.

Foto & laporan : anam