Baitul Arqam Penguatan Ideologi Muhammadiyah Guru TK ABA Se-Jember

104 guru TK ABA/PAUD se-Jember mengikuti Baitu Arqam PD 'Aisyiyah Jember

Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kabupaten Jember pada Sabtu dan Ahad (4-5/2/2017) mengadakan kegiatan Baitul Arqam  Gelombang 1 bagi Guru TK ABA/PAUD se-Kabupaten Jember bertempat di gedung Al-Fanani Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember.
Acara yang merupakan sinergi antara Majelis Pembinaan Kader, Majelis Dikdasmen dan Majelis Tabligh PDA Kabupaten Jember ini dihadiri oleh 104 Guru TK ABA/PAUD diantaranya dari Sumbersari, Patrang, Kaliwates, Mangli, Rambipuji, Kalisat dan Tempurejo.
Tampak hadir dalam acara ini Ketua ‘Aisyiyah Jember Menik Chumaidah, MHum dan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Jember KH. Kusno, M.PdI.
Dalam pidato pembukaannya, Menik Chumaidah, Ketua PDA Jember menyatakan tujuan diadakannya Baitul Arqam ini adalah untuk memperkuat ideologi, memperkuat spirit serta menjadi tambahan wawasan Kemuhammadiyah dan Profesionalisme bagi guru TK ABA/PAUD. Menurut Dosen Unmuh Jember ini, tantangan eksternal akan semakin besar, oleh karenanya guru TK ABA/PAUD sebagai kader persyarikatan harus terus memperkuat diri salah satunya dengan mengikuti pembinaan dalam kegiatan Baitul Arqam.
Selain itu Menik berharap ke depan acara seperti Baitul Arqam akan mampu mengembangkan kualtas diri para guru TK ABA/PAUD se-Kabupaten Jember, baik dari segi spiritual maupun profesionalisme. Selain itu diharapkan kualitas lembaga serta kualitas manajemen tata kelola TK ABA/PAUD bisa meningkat dan memiliki daya saing tinggi.
Baitul Arqam yang mengambil tema “Penguatan Guru ‘Aisyiyah sebagai Kader Persyarikatan untuk Membangun Ummat Islam Berkemajuan” ini diisi 7 materi penguatan ideologi bagi guru TK ABA/PAUD diantaranya: Penguatan Ideologi Muhammadiyah oleh Ketua PDM Jember, Pengembangan Diri Guru & Etos Kerja dalam Mengemban Amanah Profesi oleh Ketua PDA Jember, MKCH & Pemikiran Muhammadiyah, Keteladanan Pemimpin & Internalisasi Nilai-nilai Islam dalam Mengajar, Adabul Mar’ah fil Islam & Implementasi Konsep Keluarga Sakinah, Diskusi PHIWM serta Materi Psikologi Perkembangan Anak & Isu Seputar Perlindungan Anak.
Dalam materi penguatan ideologi, KH. Kusno menyampaikan tentang pentingnya  penguatan ideologi Muhammadiyah bagi guru TK ABA/PAUD sebagai kader prsyarikatan yang mencetak generasi masa depan. Menurut KH Kusno, ideologi pada dasarnya adalah cara pandang mengenai hidup dan kehidupan, serta bagaimana dan dengan cara apa dapat terwujud dengan baik dan benar.
Materi Ideologi Muhammadiyah Ketua PDM Jember KH. Kusno, MPdI
“Muhammadiyah meletakkan Islam yang sebenar-benarnya sebagai asas dan dasar ideologinya, sehingga kita harus berusaha keras dan cerdas membingkai pandangan dan tujuan hidup kita sesuai al-Qur’an dan as-Sunnah maqbullah,” tegas pria asli Lamongan ini.
Kegiatan Baitul Arqam ini sendiri terdiri dari 3 gelombang. Gelombang 2 nantinya akan dilaksanakan pada 18-19 Februari 2017, dan gelombang 3 pada 4-5 Maret 2017 bertempat di lokasi yang sama seperti gelombang 1. Selain Baitul Arqam Guru TK ABA/PAUD ini, PDA Jember juga telah mengadakan Baitul Arqam bagi Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) seluruh Kabupaten Jember.

Foto dan laporan : hari, kusno

Post A Comment

ADVERTISEMENTS