LPCR PDM Ungkap 4 Fungsi Kepemimpinan Rasulullah SAW

Ketua PDM Jember, KH. Kusno, MPdI pada acara Upgrading Keorganisasian Zona 1


“Beberapa sifat kepemimpinan pada diri Rasulullah saw, menekankan kepada seorang pemimpin harus memiliki 4 fungsi kepemimpinan, yaitu : pathfinding, aligning, empowering serta modeling,” papar Ketua LPCR PDM Kabupaten Jember Ir. M. Habib Ichsan, MP saat mengisi materi keorganisasian UpGrading Organisasi Zona 1 di Kompleks Perguruan Muhammadiyah Kalisat pada Ahad (29/1/2017) kemarin.
Menurut Habib, konsep yang diungkap Stephen R. Covey dalam bukunya mengenai Teori Kepemimpinan ternyata sudah dilakukan Rasulullah saw sejak dahulu. Nabi berfungsi sebagai perintis (pathfinding), juga berfungsi sebagai penyelaras (aligning). Nabi juga berkomitmen untuk menjadi pemberdaya (empowering) serta panutan (modeling) yang hasilnya dapat dirasakan umatnya hingga saat ini.
Acara yang diikuti oleh 4 PCM dan seluruh PRM di wilayah Kalisat, Sukowono, Pakusari dan Patrang ini berlangsung dari pukul 9 pagi hingga jam 1 siang. Hadir dalam acara UpGrading Keorganisasian tersebut Ketua PDM KH. Kusno, MPdI, Bendahara PDM Jember Ir. H. Ali Maksum, Sekretaris LPCR PDM Aji Nugroho, S.Pd, serta puluhan dari wakil cabang dan ranting Zona 1.
Dalam pidato pembukaannya, Ali Maksum menekankan pentingnya pelaksanaan acara semacam ini bagi pimpinan di tingkat PCM dan PRM. Hal ini berkaitan dengan terciptanya pemahaman yang baik dan benar dalam berorganisasi serta pengelolaan SDM dan aset persyarikatan yang tepat.
Sementara itu Ketua PDM Jember dalam pidato iftitahnya  mengingatkan kembali para peserta upgrading bahwa untuk dapat mengembangkan cabang serta ranting Muhammadiyah dibutuhkan komitmen yang tinggi oleh seluruh jajaran pimpinan. Hal itu bisa dimulai dengan konsolidasi ideologi dan organisasi, revitalisasi internal gerakan dengan menemukan kelemahan dan tantangan, barulah proses permberdayaan dan pengembangan cabang dan ranting bisa dilakukan.
Dengan sinergi tersebut, Kusno berharap potensi cabang, ranting bahkan persyarikatan akan terus tumbuh dan berkembang.
Upgrading Keorganisasian Zona 1 kali ini memaparkan 3 materi utama yang disampaikan pihak PDM kepada para peserta. Materi pertama adalah peningkatan leadership keorganisasian oleh Ir. Habib Ichsan, materi kebendaharaan dan keuangan organisasi oleh Ir. H. Ali Maksum serta materi pengembangan Cabang & Ranting oleh Aji Nugroho, SPd.
Ketua PCM Kalisat, Ir. Sujanto mengungkapkan bahwa acara semacam Upgrading ini perlu dilakukan di semua tingkatan. Karena dalam Upgrading materinya bisa menyatukan pandangan serta norma dakwah setiap pimpinan di tingkat cabang dan ranting.
Sujanto berharap Upgrading ini juga bisa menjadi pedoman bagi pimpinan untuk lebih selektif dalam dakwah dan rekrutmen anggota sehingga semangat dakwah yang dibawa akan optimal.

Foto dan liputan : kusno, sujanto, habib ichsan