Ust. Kusno: Kearifan Penting Agar Tidak Gaduh

Ust. Kusno: Kearifan Penting Agar Tidak Gaduh
Pertemuan Triwulan PD Aisyiyah
Pimpinan Daerah 'Aisyiyah (PDA) Kabupaten Jember kembali menyelenggarakan pertemuan rutin Triwulan PDA pada Ahad (4/12/2016). Pertemuan triwulan kali ini mengambil tempat di Kompleks Perguruan SD Muhammadiyah Kasiyan Puger.

Hadir dalam acara ini utusan Pimpinan Cabang 'Aisyiyah (PCA) seluruh kabupaten Jember. Selain itu juga tampak hadir Ketua PDA Jember, Menik Chumaidah serta Ketua PDM Kyai H. Kusno, M.PdI.

Dalam pidato tausyiyahnya, Kyai Kusno menjabarkan tentang kearifan seorang muslim dalam mensikapi serta merespon terjadinya pergumulan sosial, ekonomi, budaya bahkan politik.

"Kearifan ini penting, agar nanti tidak menimbulkan kegaduhan dan permasalahan bagi masyarakat," ujar pria asli Lamongan itu. Seorang muslim sejati lanjut Kyai Kusno memang harus tampil sebagai pendamai, pensejahtera, serta penolong bagi sesama manusia.

Hal ini juga berlaku bagi pimpinan di jajaran persyarikatan Muhammadiyah, baik di ortom maupun di Amal Usaha Muhammadiyah. Bahkan, Kyai Kusno menekankan bahwa sesuai kepribadiannya, Muhammadiyah berjuang dan berusaha mewujudkan kehidupan yang damai dan sejahtera, serta mengembangkan ukhuwah dengan memperbanyak kawan.

Masih menurut Kyai Kusno, sifat kepribadian Muhammadiyah itulah yang harus dijiwai dan menjadi ruh setiap gerakan dan aktifitas serta diperkenalkan dan disebarluaskan kepada  masyarakat dengan baik dan benar. "Kehadiran kita sebagai khasiat ummah, sang pendamai, sang penyejahtera bagi umat hanya dapat diterima mereka jika performa kita nampak senantiasa ceria, gembira, dan menyenangkannya," tambahnya.

Sementara itu Menik Chumaidah dalam paparannya menjelaskan berbagai program kerja yang telah dan yang akan dilaksanakan PDA Kab. Jember dalam periodenya. Dosen Univ. Muhammadiyah Jember ini juga menyatakan pentingnya pertemuan Triwulan sebagai sarana komunikasi dan koordinasi yang efektif bagi seluruh pimpinan PDA, PCA serta anggota 'Aisyiyah.

Menik Chumaidah juga menambahkan, selain sebagai wujud silaturahmi antar pimpinan, juga dapat mengetahui perkembangan dan kemajuan gerakan serta organisasi Aisyiyah di cabang2 tersebut.

Diakhir acara, Menik Chumaidah selaku ketua PDA membacakan beberapa keputusan diantaranya adalah menguatkan sinergitas daerah, cabang dan ranting sebagai upaya akselerasi pelaksanaa program kerja. Kedua, persiapan sekolah mubalighod Aisyiyah sinergi pelaksanaan program dengan Majelis Tabligh, Kader dan Pendidikan diselenggkn pada tanggal 11 Desember. Ketiga direncanakan pelatihan paralegal 'Aisyiyah pada minggu ke-dua bulan Januari 2017 untuk mempersiapkan tenaga pendamping Posbakum 'Aisyiyah sinergi pelaksanaan Program Majelis Hukum dan Ham bersama Majelis Tabligh dan Kesejahteraan sosial. ● Maghfur

Post A Comment

ADVERTISEMENTS