Up-Grading FGM Tanggul, Memuhammadiyahkan Guru Muhammadiyah

Up-grading Guru Muhammadiyah Tanggul
Up-grading Guru Muhammadiyah Tanggul
Ahad (13/11/2016) bertempat di Gedung SD Muhammadiyah 01 Tanggul, puluhan guru-guru Persyarikatan Muhammadiyah mendapatkan materi pembinaan dalam acara Up-Grading.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh FGM (Forum Gurum Muhammadiyah) Cabang Tanggul tersebut merupakan ikhtiar dalam rangka menanamkan dan memperkuat komitmen dalam ber-muhammadiyah khususnya kepada guru-guru yang mengabdi di lingkungan persyarikatan Muhammadiyah.

Up-Grading yang diikuti tidak kurang dari 65 orang guru tersebut mengusung tema "Memuhammadiyahkan Guru Muhammadiyah demi kemajuan Persyarikatan dan Bangsa".

Beberapa pemateri dihadirkan dalam kegiatan tersebut, diantaranya adalah ketua PDM kabupaten Jember Ust. H. Kusno. Dalam motivasinya, beliau menyampaikan berbagai alasan logis dan teologis untuk menjadikan Muhammadiyah sebagai organisasi pilihan diantara organisasi keislaman lain. Terutama mengenai faham pemurnian atau purifikasi agama serta modernisasi di bidang sosial kemasyarakatan.

Dan yang kedua, hadir pula Bendahara PDM Kabupaten Jember bapak Ir. H. Ali Maksum. Kesempatan tersebut beliau menyampaikan, jika sudah yakin dengan Muhammadiyah, maka harus masuk Muhammadiyah secara 'kaffah' tanpa keragu-raguan sedikit pun. Serta, berani ber-amar makruf dan nahi munkar kepada siapapun termasuk harus menjaga martabat dan kewibawaan persyarikatan. Tidak terkecuali berani meninggalkan segala bentuk TBC (Tahayul, Bid'ah dan Churafat) dan syirik yang mengotori ajaran Islam.

Selain itu, hadir pula perwakilan dari Pimpinan Daerah Aisyiyah, yakni Ibu Fitrotul yang juga selaku dosen FKIP Bahasa Inggris Unmuh Jember tersebut memberikan penekanan bahwa guru Muhammadiyah harus berani berdiri di depan dalam rangka mendakwahkan ajaran Islam yang sesuai dengan faham Muhammadiyah baik itu kepada para murid maupun wali murid.

Up-Grading ini diikuti oleh peserta dengan antusias. Menariknya, pada akhir acara semua peserta secara kompak mengikrarkan sumpah setia berupa komitmen berorganisasi di Muhammadiyah yang dipandu langsung oleh Ketua PDM.

Dimana menurut bapak H. Kusno bahwa pengucapan ikrar komitmen tersebut baru pertama kali dilakukan di acara up-grading guru di lingkungan Muhammadiyah Jember. Rencananya, semua guru dan karyawan di PCM lain juga harus mengucapkan ikrar komitmen berorganisasi setiap selesai mengadakan acara pelatihan atau up-grading sebagaimana yang telah diawali oleh PCM Tanggul. ● M. Nasir

Post A Comment

ADVERTISEMENTS