Gelorakan Intelektualitas Mahasiswa, IMM Jember Selenggarakan Lomba Debat

Lomba Debat Mahasiswa Muhammadiyah
Lomba Debat Mahasiswa - Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah korkom Unmuh Jember mengadakan GELORA Gebyar Olah Karya Mahasiswa Antarkomisariat IMM Se-Jember, Jum'at 30 September 2016
Sadar akan posisi mahasiswa sebagai pelopor, pelangsung dan penyempurna perjuangan. Kordinator komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah IMM Unmuh Jember menyelenggarakan acara bertajuk GELORA "Gebyar Olah Karya Mahasiswa Antar Komisariat" IMM se-Jember.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kompetisi antar anggota komisariat untuk memacu semangat dan militansi kader. Dilaksanakan pada Jumat, 30 September 2016 di Gedung D Universitas Muhammadiyah Jember.

Acara yang dimulai sejak pukul 3 sore ini mempertandingkan 4 kategori, yaitu: Lomba kerapian sekretariat (Raket), Debat Mahasiswa, Karya Tulis Ilmiah serta Lomba desain kemeja Korkom.

Peserta lomba adalah seluruh Komisariat yang ada di lingkungan Cabang Jember. Disediakan hadiah berupa trofi dan sertifikat bagi para pemenang yang akan diumumkan pada hari Ahad 2 Oktober 2016.

Tema lomba debat mahasiswa yang diangkat, antara lain:

  1. Kehidupan beragama untuk kemajuan bangsa
  2. Rekonstruksi ideologi kader Muhammadiyah
  3. Ketahanan pangan Indonesia untuk kemandirian bangsa
  4. Relevansi kewarganegaraan ganda
  5. Efektivitas program 'full day school'
Lomba debat mahasiswa Muhammadiyah yang diikuti oleh 12 regu tersebut menunjukkan kualitas intelektualitas antar kader komisariat. Ajang semacam ini sangat penting bagi mahasiswa untuk mengasah daya analisis terhadap problema aktual bangsa secara kritis serta kemampuan merumuskan solusi untuk peradaban kehidupan bernegara.

Dewan juri lomba debat mahasiswa IMM 2016
Dewan juri lomba debat mahasiswa IMM 2016
Bertindak sebagai dewan juri antara lain, ketua Forum Keluarga Alumni IMM (FokalIMM), Moh. Syai'in, Idris Mahmudi selaku sekretaris LP AIK Unmuh Jember, dan Amri Gunasti dosen Unmuh Jember sekaligus mantan Ketua IMM Cabang Jember tahun 2004.

"Lomba debat merupakan upaya rekayasa intelektual bagi kader untuk mewujudkan salah satu dari trikompetensi dasar IMM, yakni intelektualitas," pungkas Idris Mahmudi sebagai salah satu dewan juri. ● Anam, Idris, Ida

Post A Comment

ADVERTISEMENTS