Kampanye DPD Dikemas Lewat Turba PWM Jatim

ilustrasi : PWM Jatim
Acara Turba (turun ke bawah) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, yang dipusatkan di halaman Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember, Sabtu (17/1), berlangsung marak. Ribuan warga dan simpatisan Muhammadiyah dari penjuru Kota Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Lumajang dan Kab./Kota Probolinggo, tumplek-blek.

Dengan antusias, ribuan warga Persyarikatan mendengarkan tausiyah yang disampaikan langsung Ketua PWM Jatim, Prof. Dr. Syafiq A. Mughni, dalam acara Turba yang dikemas dengan peringatan Milad Muhammadiyah Ke-99, dan sekaligus sosialisasi pencalonan Ir. H. Tamhid Masyhudi, sebagai anggota DPD (Dewan Pimpinan Daerah) dari unsur PWM Jatim.

Sosok calon DPD yang harus disukseskan dalam Pemilu 2009 nanti, merupakan hasil keputusan Rapimwil II PWM Jatim, tanggal 15 Juni 2008. Karena itu, menurut Ketua PWM Jatim, Prof. Dr. Syafiq A. Mughni, pencalonan Ir. Tamhid Masyhudi, harus didukung oleh seluruh warga Muhammadiyah di seluruh Jawa Timur, tanpa kecuali. “Pak Tamhid tidak mencalonkan diri, tapi justru dicalonkan oleh warga Persyarikatan lewat Rapimwil PWM, beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Dijelaskannya, pemilihan anggota DPD tidak ada kaitannya dengan partai politik. Anggota DPD yang merupakan bagian dari keanggotaan MPR-RI, diharapkan mampu mengemban misi Persyarikatan, salah satunya meningkatkan kesejahteraan warga Muhammadiyah (khususnya), mengamankan aset dan misi Muhammadiyah Jawa Timur.

“Karenanya, kami Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur telah memutuskan untuk menyertakan kadernya maju dalam pemilihan anggota DPR RI melalui jalur DPD. Keputusan ini bagi pengurus Muhammadiyah di semua tingkatan wajib dilaksanakan dengan usaha yang maksimal dan bersungguh-sungguh,” tegasnya.

Sementara, Ketua Tim Pemenangan DPD 29 Jatim, Ir. H. Imam Sugiri, MM., menegaskan, pihaknya telah menyusun konsep dan strategi pemenangan, dengan pola pencitraan calon DPD dengan nomor urut 29 tersebut.

“Berdasarkan pengalaman pencalonan DPD oleh PW Muhammadiyah Jawa Timur pada pemilu yang lalu, dimana hasilnya gagal mengantarkan calon DPD menuju DPR RI, maka dirasa perlu mempersiapkan lebih baik agar tidak mengulang kegagalan sebelumnya. Waktu yang cukup diharapkan dapat menyiapkan pencalonan dengan lebih matang, baik dalam hal strategi, koordinasi, maupun eksekusi,” tegasnya.

Perencanaan strategi ini, kata Bendahara PWM Jatim, menjadi titik tolak langkah yang menentukan keberhasilan. Tanpa strategi yang baik, potensi yang dimiliki tidak tergarap dengan optimal. Oleh karena itu penyusunan strategi harus dilakukan dengan teliti dan komprehensif dengan mengakomodasi seluruh kekuatan yang ada.

Strategi yang disusun diharapkan menjadi panduan dalam menggerakkan potensi yang ada untuk mencapai keberhasilan dalam meloloskan calon DPD dari PW Muhammadiyah Jawa Timur.

“Strategi yang disusun didasarkan pada asumsi bahwa terpilihnya seorang calon dipengaruhi oleh kuatnya citra serta kecocokan tawaran yang diberikan bagi pemilih. Oleh karena itu penyusunan strategi pemenangan ini bertumpu pada penguatan citra yang sesuai bagi pemilih dan penyusunan program-program yang ditawarkan,” jelas Ketua Tim Sukses.

Strategi pemenangan yang telah disusun antara lain: penyusunan strategi pencitraan, penentuan langkah-langkah di lapangan, dan penguatan organisasi pemenangan. Strategi pemenangan DPD 29 ini adalah upaya untuk mencapai tujuan dengan cara merencanakan, mengakomodasi segala sumber daya yang dimiliki, mengkoordinasi, dan mengevaluasi.

Adapun strategi pemenangan yang tengah digarap, selain diarahkan untuk warga Muhammadiyah perkotaan dan pedesaan, juga diarhkan untuk menggarap warga non Muhammadiyah.

Selain strategi yang baik, keberhasilan pencapaian juga ditentukan oleh kemampuan personil yang terlibat dalam mengeksekusi di lapangan. Dan juga tidak terlepas dari kehendak Allah SWT. “Semoga Allah SWT meridhoi segala usaha kita,” harapnya.

Sementara Ketua PDM Jember, Drs H. Baharudin Rosyid, MBA., dalam kesempatan itu mengajak semua untuk pimpinan dan warga Muhammadiyah di wilayah BLP (Besuki, Lumajang dan Probolinggo) ikut berkiprah dalam mensukseskan dan memenangkan Kang Tamhid (panggilan akrab Ir Tamhid Masyhudi), sebagai anggota DPD periode 2009 – 2014.

“Sebagai koordinator PDM se wilayah BLP, saya punya tanggung jawab moral untuk mengajak semua yang hadir, ikut secara aktif mendukung pencalonan Kang Tamhid. Apapun partainya, Kang Tamhid pilihan DPD-nya,” ujar Pak Bahar.

Dalam acara itu, Tim Sukses Pemenangan DPD – 29 dari Korwil Unmuh Jember, membagikan ribuan stiker dan kaos yang menampilkan foto diri Ir. Tamhid Masyhudi, lengkap dengan No. Urut 29, serta slogan yang berbunyi: “Dari Persyarikatan untuk Kemajuan Bangsa,” kepada seluruh peserta ang hadir. (yon).